APA YANG DIMAKSUD DENGAN ITIL v.3?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN ITIL v.3?

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik Tata Kelola TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).

Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Dan kini telah diterbitkan juga ITIL v3 Foundation 2011 dengan ada beberapa perbaikan pada diagram dan konsep sekalipun masih bersifat sama dalam hal pemahaman. Kelima bagian tersebut adalah:

  1. Service Strategy
  2.  Service Design
  3. Service Transition
  4. Service Operation
  5. Continual Service Improvement

Manfaat   ITIL  V.3 Foundation

  • Dari perspektif bisnis, penerapan ITIL practices oleh IT service providers – apakah oleh In-house providers atau eksternal – memiliki benefit diantaranya:
  • IT services yang mampu menyelaraskan secara lebih baik  dengan  prioritas dan tujuan bisnis
  •  Mengetahui IT Cost sehingga bisnis mampu membuat perencanaan keuangan dengan lebih baik
  • Meningkatkan produktifitas bisnis, efisiensi, dan efektifitas karena IT services lebih terpercaya dan bekerja lebih baik bagi business user
  • Financial savings dengan cara memperbaiki resource management dan mengurangi rework
  • Lebih efektif dalam change management, yang memungkinkan bisnis dapat terus mengikuti perubahan dan  mengarahkan perubahan bisnis  ke pencapaian keuntungan
  • Memperbaiki kepuasan user dan customer terhadap IT
  • Memperbaiki perspesi dan brand image end-customer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *