Ruko Alicante C 33 Gading Serpong, Medang, Pagedangan, Tangerang,

Istilah Tata Kelola

Istilah Tata Kelola atau Tata Pemerintahan Perusahaan di Indonesia merupakan terjemahan dari  “Corporate  Governance”.  Secara  etimologis  kata  “Governance”  berasal  dari  bahasa Perancis kuno “Gouvernance” yang berarti pengendalian (control) atau regulated dan dapat dikatakan  merupakan  suatu  keadaan  yang  berada  dalam  kondisi  terkendali  (the  state  of being  governed).  Sering  kali  metafora  yang  digunakan  untuk  menggambarkan  esensi  dari pengertian ini adalah mengendalikan dan menahkodai sebuah kapal (the idea of steering or captaining   a   ship)   (Farrar,   2001).   Secara   harfiah   Governance   di   tanah   air   kerap diterjemahkan sebagai “pengaturan”, akan tetapi sebenarnya masih diperlukan kajian untuk mencari istilah yang tepat dalam bahasa Indonesia yang benar. Perlu juga dipahami bahwa menurut  Winarno  (2000)  Governance  tidak  bisa  atau  tidak  tepat  diterjemahkan  sebagai pemerintah, sekalipun banyak pihak yang mengartikan demikian. Dalam konteks Tata Kelola yang baik (Good Corporate Governance) sering juga disebut Tata Pamong atau Penadbiran. Kata  terakhir  tadi  ditelinga terasa  terdengar  janggal, maklum  istilah   tersebut  berasal dari kata   Melayu.   Sedangkan   untuk   istilah   ”Corporate”   jikalau   dilihat   dari   segi   etimologis merupakan  turunan  dari  bahasa  latin  Corpus  yang  berarti  sekumpulan  peraturan  dan undang-undang. ”Erate” yang berarti sesuatu yang dihargai atau dipatuhi.

Dari  berbagai  definisi  yang  dikembangkan  oleh  para  pakar  dapat  disimpulkan  bahwa  Tata Kelola yang baik merupakan:

1)   Suatu  struktur  yang  mengatur  pola  hubungan  yang  harmonis  tentang  peran Dewan Komisaris, Direksi, Rapat Umum Pemegang Saham dan para stakeholder lainnya.

2)   Suatu   sistem   Check  and   balance   mencakup   perimbangan   kewenangan   atas pengendalian  perusahaan  yang  dapat  membatasi  munculnya  pengelolaan  yang salah dan penyalahgunaan aset perusahaan.

3)   Suatu  proses  yang  transparan  atas  penentuan  tujuan  perusahaan,  pencapaian dan pengukuran kinerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *